All-new BMW X1 Diluncurkan: Senjakala Rear Wheel Drive BMW?

All-new BMW X1 pakai platform serupa dengan MINI, BMW Seri 2 Active dan Grand Tourer.

3
Foto
All-new BMW X1 Diluncurkan: Senjakala Rear Wheel Drive BMW?

All-new BMW X1 diluncurkan di Indonesia, Rabu, 11 Mei 2016 di ball room UOB Plaza, Jakarta. Kami senang melihat All-new BMW X1 akhirnya tiba di Indonesia, apalagi produk yang disebut Sport Activity Vehicle (SAV) ini, dirakit di Indonesia. Artinya, ada kepercayaan besar dari pihak BMW di Jerman pada kemampuan teknis anak bangsa. Ya, produk ini dirakit di fasilitas PT Gaya Motor, bagian dari mitra bisnis BMW Group di Indonesia, PT Astra International.

Namun, kehadiran BMW X1 generasi kedua ini, menerbitkan kecemasan bagi BMW ‘tradisionalist’. Banyak yang menyebut inilah senjakala rear wheel drive di tubuh BMW. Pasalnya BMW memilih menggunakan sistem gerak roda depan bagi X1, bukan sistem gerak roda belakang seperti X1 sebelumnya. Tema inilah yang coba kami bahas.

Secara tradisional, reputasi BMW sebagai ‘drivers car’ secara tidak langsung dibangun oleh sistem gerak roda belakang (RWD). Sedan-sedan legendaris mereka, SUV-SUV dahsyat mereka, semuanya ‘punya darah’ RWD. Dan terus terang kami di Autocar menyukainya.

Kehadiran BMW Active Tourer dan Grand Tourer, menjadi babak baru dari rekayasa teknik di BMW. Kedua MPV itu berplatform sama dengan MINI generasi tiga. Platform UKL pun lahir. Tujuannya jelas: membuat BMW yang lebih kecil (entry level), dengan kabin luas, irit bahan bakar dan harga bersaing. Caranya, dengan membuat platform modular, memangkas bobot juga mengaplikasi mesin yang seragam.

 

comments powered by Disqus

All-new BMW X1 Diluncurkan: Senjakala Rear Wheel Drive BMW?

notSet

Most Read
Autocar Magazine

Edisi: 204 | Mei, 2017