Komparasi Honda HR-V vs Chevrolet Trax

Honda HR-V sukses menggoyahkan pasar compact SUV dan bertengger di puncak semenjak kehadirannya di 2014 silam. Kini Chevrolet Trax berusaha mengusik ketenangan sang ‘raja’ dengan mesin turbonya.

Komparasi Honda HR-V vs Chevrolet Trax
Honda HR-V E CVT VS Chevrolet Trax LTZ

Chevrolet Trax hadir di Indonesia di penghujung tahun 2015 silam, untuk menantang kompetitornya dengan mengandalkan mesin turbo mereka. Chevrolet Trax memanaskan persaingan di segmen SUV kompak, hal ini sebenarnya baik untuk konsumen karena dengan begitu masyarakat mendapatkan pilihan yang lebih banyak selain Toyota Rush, Daihatsu Terios, Ford Ecosport, Nissan Juke, dan Honda HR-V. Nama yang terakhir ini merupakan pemimpin pasar di segmen ini. Atas alasan inilah kami berusaha untuk menyajikan seperti apa duel antara Honda HR-V dengan Chevrolet Trax di kancah otomotif nasional.

GM Indonesia mendatangkan Chevrolet Trax tentu dengan persiapan matang, karena Honda HR-V yang diluncurkan pada tahun 2014 ini bukanlah lawan yang enteng terbukti HR-V langsung bisa meraih singgasana raja SUV kompak dari tangan Toyota Rush. Chevrolet Trax hadir dengan segudang fitur canggih dan senjata pamungkasnya yaitu mesin 1.4 liter dengan turbo yang memiliki performa cukup mengejutkan.

Chevrolet Trax yang kami uji di sini adalah tipe tertingginya yaitu Trax LTZ, sementara untuk Honda HR-V kami juga menghadirkan HR-V 1.5L E CVT yang menjadi tipe tertinggi di varian mesin 1.500cc. Sebenarnya dari sisi output tenaga yang dihasilkan, Chevrolet unggul telak dengan 140 hp dari Honda HR-V 1.5L ini yang hanya memiliki tenaga maksimal 120 hp. Seharusnya Trax ini disandingkan dengan HR-V 1.8L Prestige yang teanganya mencapai 139 hp, namun sayangnya harganya terpaut sangat jauh lebih dari Rp 70 juta. Chevrolet Trax 1.4 LTZ ini dibanderol dengan harga Rp 296 juta sementara Honda HR-V Prestige 1.8 harganya mencapai Rp 372,3 juta. Sementara HR-V 1.5 E CVT ini memiliki banderol harga yang seimbang dengan Trax yaitu Rp 299,9 juta.

Jadi Trax memiliki harga lebih murah dari HR-V 1.5L, kemudian tenaganya lebih besar 20 hp, lalu di mana keunggulan HR-V dibanding Trax? Di sini kami coba memaparkan apa saja yang konsumen bisa dapatkan dari kedua SUV kompak ini yang. Apakah Chevrolet Trax bisa mengambil sedikit pasar dari HR-V 1.5L hanya dengan mengandalkan mesin turbo dan harga yang kompetitif? Atau justru HR-V memiliki keunggulan yang melebihi Trax berkat harganya yang lebih mahal?

comments powered by Disqus
Most Read
Autocar Magazine

Edisi: 202 | Edisi Maret 2017