Mengenal Fungsi Diesel Particulate Filter

Cara kerja Diesel Particulate Filter (DPF).

Mesin diesel memang dikenal lebih efisien, lebih bertenaga dan lebih awet dibanding mesin bensin. Tetapi mesin diesel mempunyai potensi yang lebih besar untuk menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan. Mesin diesel telah banyak dikenal orang sebagai mesin yang berisik, bergetar dan menghasilkan asap hitam.

Namun sekarang ini perkembangan mesin diesel makin meningkat, terlihat dari 15 tahun terakhir ini keberadaan kendaraan yang bermesin diesel memperlihatkan peningkatan yang cukup besar. Untuk itu para produsen kendaraan bermesin diesel terus menerus mengembangkan teknologi mesin dieselnya. Salah satu pengembangan itu adalah dengan penggunaan penyaring partikel diesel (Diesel Particulate Filter – DPF).

DPF ini berupa alat yang terpasang pada saluran pipa pembuangan yang berisi elemen keramik keras berstruktur mirip dengan sarang lebah dan terbuat dari silicon carbide. Didalamnya terdapat lapisan saluran mikroskopis yang sangat kecil. Melalui DPF ini gas pembuangan disalurkan melewati dinding pada permukaan dimana partikel karbon terkumpul. DPF ini dapat menyaring dan mengurai hingga 85% partikel karbon. Partikel yang terkumpul ini terbakar secara terus menerus guna melindungi filter dari penumpukan hingga tidak terjadi pemampatan.

Pada sistem DPF ini, bahan bakar solar tidak memerlukan zat adiktif tambahan. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi temperatur pengapian yang disebabkan oleh proses regenerasi. Namun sebagai gantinya adalah dengan melapisi filter dengan sebuah logam dan memanfaatkan beberapa injeksi. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan temperatur gas pembuangan hasil proses dari pembakaran pada filter, yang mana membutuhkan peningkat temperatur pengapian hingga 6000C.

Agar sistem ini dapat digunakan pada setiap ukuran mesin diesel, dibutuhkan sistem injeksi berfleksibilitas tinggi. Guna mencapai kebutuhan tersebut, maka diperlukan mesin diesel dengan sistem direct injection yang teranyar dengan teknologi common-rail. Melalui teknologi ini maka volume dan tekanan injeksi dapat dikontrol secara tepat di setiap waktu. Dengan pemakaian diesel particulate filter pada kendaraan diesel sekarang ini dapat mengurangi polutan gas pembuangan mesin diesel.

comments powered by Disqus

Mengenal Fungsi Diesel Particulate Filter

notSet

Most Read
Autocar Magazine

Edisi: 200 | Autocar Magazine