Begini Pendapat Menko Darmin Soal Kenaikan PNBP dan STNK

Darmin Nasution klarifikasi meme dan berita tentang ubahan tarif STNK.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengklarifikasi beredarnya berita dan meme yang keliru, tentang kenaikan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terkait pengurusan STNK dan BPKB. Menurutnya, sebagian pemberitaan itu menyebut seolah-olah Presiden mempertanyakan kembali Peraturan Pemerintah (PP) yang sudah diteken. PP yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) tertanggal 6 Desember 2016. 

"Yang terjadi adalah pada hari pertama berita itu muncul, saya ditanya wartawan. Saat itu saya baru bertemu Presiden di istana. Saya ditanya, pak Menko ini naik lho sekian kali lipat. Waduh, saya belum mengerti itu. Terus ditanya lagi, pernah nggak Presiden bicara soal PNBP. Oh, kalau itu pernah. Presiden pernah menyatakan kalau tarif PNBP yang menyangkut kepentingan orang banyak, ya janganlah dinaikkan terlalu tinggi. Ini harus dipertimbangkan betul," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Menurut Darmin, arahan Presiden Jokowi itu disampaikan jauh sebelum muncul berita tentang  kenaikan tarif PNBP yang antara lain berkaitan dengan pengurusan STNK dan BPKB. "Berita dan meme itu dibuat seolah-olah Presiden mengomentari soal STNK. Bukan. Itu sudah pelintiran," ujarnya.

Kata Darmin, pihaknya hanya menjelaskan secara umum tentang arahan Presiden mengenai  PNBP. "Dan waktu itu, saya memang belum mengerti soal STNK itu. Itu hari pertama saat beritanya mulai muncul. Jadi saya ingin meluruskan, jangan digambarkan seolah-olah Presiden mengomentari apa yang sudah diteken karena kemudian orang mulai ngomong macam-macam.Saya memang menceritakannya baru-baru ini, tapi referensinya adalah karena ada pertanyaan apakah Presiden pernah memberi arahan tentang PNPB. Ya pernah. Masak nggak pernah," tegas Darmin.

 

 

comments powered by Disqus

Begini Pendapat Menko Darmin Soal Kenaikan PNBP dan STNK

notSet

Most Read
Latest News
Nilai dan Jumlah Ekspor Honda Semakin Naik
Honda telah melakukan ekspor produknya ke 12 negara
11 jam yang lalu    1 picture
Selain Trailblazer, Chevrolet Juga Hadirkan Trax dan Spark Anyar
Wajah baru dari Trailblazer, Trax, dan Spark mencerminkan desain global yang ...
14 jam yang lalu    1 picture
Honda Indonesia Capai Produksi Satu Juta Unit Mobil
Honda Mobilio menjadi mobil HPM yang diproduksi ke satu juta unit
14 jam yang lalu    1 picture
Bentley Bentayga di Indonesia Paling Murah Rp 10 Miliar
SUV termewah dan tercepat di dunia ini sudah laku 9 unit di Indonesia
15 jam yang lalu    1 picture
Dealer Mini Tata Motors Kini Hadir di 7 Kota
Dealer tersebut mempunyai konsep baru yang dilengkapi fasilitas 3S (Sales, ...
18 jam yang lalu    1 picture
Autocar Magazine

Edisi: 200 | Autocar Magazine