Begini Rasanya Naik Mazda CX-3

Mazda CX-3 dibenamkan mesin SkyActiv-G 2.0 L dengan total daya 148 hp plus torsi 192 Nm.

1
photo
Begini Rasanya Naik Mazda CX-3

Rasanya Naik Mazda CX-5

Ingin menunjukkan kapabilitas model CX-3, PT Eurokars Motor Indonesia mangajak Autocar Indonesia menguji model terbarunya tersebut melalui rute Jakarta-Bandung-Jakarta hari ini. Mobil berjenis crossover atau disebut juga CUV (compact utility vehicle) ini diciptakan untuk bersaing dengan Honda HRV dan Nissan Juke serta Mitsubishi Outlander baik dari segi desain, segmen pasar, kemampuan mesin, jenis mobil dan karakter mobil.

Desain yang kompak membuat mobil ini memiliki kemampuan melewati jalanan perkotaan yang macet dan sempit saat melalui rute Padalarang. Saya menilai, desain KODO - membuat CX-3 memiliki banyak komponen lebih disesuaikan untuk menghadapi kondisi urban, misalnya pada lubang udara yang didesain tinggi sehingga lebih handal melibas jalanan berair/ banjir.

Melewati jalanan yang sedikit bergelombang dan berbatu bukan lagi tantangan bagi saya, sebab seluruh body bagian bawah dibalut dengan plastik pelindung untuk mencegah body mobil terkena gesekan dengan bebatuan yang mungkin terlempar saat mobil ini melibas jalanan berkerikil, pelindung ini selain bermanfaat melindungi mobil juga terlihat sangat menyatu dengan desain bodinya sehingga nampak lebih sporty.

Bagian belakang mobil juga berkesan cepat dengan lampu belakang LED yang didesain menyipit, spoiler di bagian belakang juga multifungsi selain untuk melindungi dari sinar matahari juga sebagai penyeimbang (aerodinamis mobil) saat kecepatan tinggi. Desain spoiler yang juga bagus menambah keindahan mobil ini jika dilihat dari belakang.

Lepas dari jalanan yang tak bersahabat di seputaran Dago, Bandung, saya merubah haluan ke jalan tol Cipularang untuk kembali menuju Ibukota. Lekuk-lekuk halus yang didesain melengkung pada bagian atap mobil dan sisi mobil yang minim sudut membuat CX-3 ini akan mengalirkan aerodinamika udara dengan mudah saat melaju pada kecepatan tinggi sehingga selain mobil bisa melaju lebih cepat juga lebih stabil.

Kebetulan saya menggunakan unit CX-3 Touring. Jadi selama perjalanan panjang, saya cukup betah memandangi bagian dalam kabin Mazda CX-3 ini yang futuristik dan elegan. Teknologi modern dipadukan dengan desain interior yang unik membuat cukup menyita waktu kita saat melihat fitur-fitur yang dibenamkan pada interior mobil. Kokpit pengemudi dibuat ergonomis layaknya pesawat sehingga kerja mengemudi jadi tidak mudah lelah. Menariknya lagi CX-3 dilengkapi layar HUD (head-up display) pada kaca depan yang menginformasikan kecepatan layaknya pesawat.

Pada bagian setir terlihat switch audio, switch telepon, dan dibelakang mesin terdapat tuas transmisi paddle shift yang biasa digunakan pada mobil balap agar transmisi 6-speednya lebih responsif dan saat dibutuhkan dapat merubah gigi secara manual.

Dari sisi spesifikasi mesin, CX-3 pun dipersenjatai mesin dengan kapasitas yang tak jauh dari Honda HR-V 1.8, bahkan lebih besar. CX-3 dibenamkan mesin SkyActiv-G 2.0 l dengan total daya 148 ps plus torsi 192 Nm. Tak heran, dengan mengaktifkan mode Sport pada tuas transmisi, saya cukup mudah melesat. Teknologi SkyActiv juga terdapat pada bodi, hingga sasisnya.
Agar mampu bersaing dengan kompetitornya tersebut, Mazda CX-3 tipe Touring ini dibanderol cukup kompetitif Rp.388 juta. Dengan harga, fitur dan kapasitas mesin seperti itu, praktis membuat Mazda CX-3 memiliki value-for-money yang tinggi.

comments powered by Disqus

Begini Rasanya Naik Mazda CX-3

notSet

Rasanya Naik Mazda CX-5
Most Read
Latest News
Ini Titik Posko Peristirahatan Shop & Drive
Posko mudik Shop&Drive akan hadir di sepanjang jalur utara Pulau Jawa.
5 hari lalu    1 picture
Biker Honda Bisa Jajal Motor MotoGP Versi Jalan Raya, Catat Tanggalnya
Honda RC213V-S dapat digeber di lintasan sirkuit Sentul, Jawa Barat pada ...
5 hari lalu    1 picture
New 2017 Ford GT ’66 Heritage Edition, Nuansa Klasik Lebih Gahar!
Ford GT ’66 Heritage Edition didominasi oleh warna hitam gelap baik ...
5 hari lalu    1 picture
Volkswagen Up GTI, Makin Futurustik!
Mobil tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 110 hp dan mampu berakselera...
5 hari lalu    1 picture
Bakti Sosial Volkswagen Van Club : Berbagi Suka di Bulan Ramadhan
Komunitas penggemar VW klasik khusus Kombi atau Van ini kembali menggelar ...
5 hari lalu    
Autocar Magazine

Edisi: 204 | Mei, 2017