Jokowi: Beri Kemudahan Investor Berinvestasi di Otomotif

Pembukaan pabrik baru, Mitsubishi menyerap tenaga kerja 3.000 lapangan kerja.

1
photo
Jokowi: Beri Kemudahan Investor Berinvestasi di Otomotif

Jokowi: Beri Kemudahan Investor Berinvestasi di Otomotif

Penyederhanaan perizinan yang menjadi program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sesungguhnya tak hanya mengejar nilai investasinya semata. Perizinan yang semakin mudah memang diharapkan untuk dapat menarik lebih banyak investasi yang masuk ke Tanah Air.

"Saya sering mengatakan bahwa investasi itu penting. Oleh sebab itu, investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak dan supaya makin banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan. Karena investasi itu bisa membuka lapangan kerja," ujar Presiden, saat meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Pasar Ranji Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 25 April 2017.

Salah satu contoh nyata yang dapat dilihat ialah dengan komitmen peningkatan investasi oleh Mitsubishi Motors dengan membangun pabrik baru di Indonesia. Pabrik baru tersebut pada akhirnya mampu menyerap sekitar tiga ribu lapangan kerja. "Ini dapat membuka tiga ribu lapangan kerja. Sekali lagi, tiga ribu lapangan kerja," Presiden menjelaskan.

Indonesia kini memang semakin kompetitif bagi dunia industri. Sejumlah upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri serta peningkatan investasi terus dilakukan. Dengan kenyataan tersebut, Indonesia memiliki pasar yang besar dan mampu mendatangkan investor lebih banyak lagi. Kebutuhan akan tenaga kerja juga diharapkan akan semakin meningkat.

Namun tentunya, sumber daya manusia (SDM) Indonesia pun harus turut meningkatkan kemampuannya. Sebab, kebijakan pemerataan ekonomi yang tengah digalakkan oleh pemerintah menjadikan kemampuan SDM sebagai salah satu pilar utama penerapannya. Inilah yang akan terus diupayakan pemerintah ke depannya agar SDM Indonesia benar-benar menguasai bidang pekerjaannya.

"Di sini kita akan menempuh penguatan pendidikan vokasi, vocational school dan juga vocational traning, kewirausahaan, dan pasar tenaga kerja. Pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang akan mempertemukan kecocokan kerja link and match atau job matching antara vokasi dan industri," ucapnya.

comments powered by Disqus

Jokowi: Beri Kemudahan Investor Berinvestasi di Otomotif

notSet

Jokowi: Beri Kemudahan Investor Berinvestasi di Otomotif
Most Read
Latest News
Ini Spesifikasi Ducati Monster Termurah
Ducati Monster 797 dipersenjatai dengan mesin Desmodue air-cooled L-twin, ...
1 Hari 2 jam yang lalu    1 picture
Mahasiswa Indonesia Siap Berkompetisi di Inggris
Mahasiswa Indonesia siap mengharumkan nama bangsa di kancah kejuaran dunia ...
1 Hari 3 jam yang lalu    1 picture
Membuktikan Fitur Semi Otonomos All New BMW Seri 5
Fitur semi otonomos BMW Seri 5 bisa bekerja dengan baik jika infrastruktur ...
2 hari lalu    1 picture
Pengujian Singkat All New BMW Seri 5
Kami menguji All New BMW Seri 5 di lintasan basah dan juga mini slalom di Jepang
2 hari lalu    1 picture
Honda Modif Contest Siap Hadirkan 1.500 Peserta
Gelaran modifikasi motor Honda dari PT Astra Honda Motor (AHM) ini akan ...
3 hari lalu    1 picture
Autocar Magazine

Edisi: 204 | Mei, 2017