Mercedes-Benz Concept IAA, Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

Mercedes-Benz Concept IAA Dengan sistem aerodinamika yang pintar.

Mercedes-Benz Concept IAA (Intelligent Aerodynamic Automobile) merupakan salah satu mobil yang banyak dilirik pada ajang Frankfurt Internationale Automobil-Austellung (IAA) Cars 2015 bulan September silam. Pasalnya mobil konsep ini membawa teknologi sistem aerodinamika ke tingkatan yang lebih jauh dari yang sudah diterapkan pada mobil-mobil saat ini.

Pihak manufaktur menyebut Concept IAA sebagai perpaduan dua mobil dalam satu perwujudan, yakni sebuah coupe empat pintu berdesain menawan dan sebuah mobil yang menjunjung tinggi aerodinamika dengan angka koefisien drag mencapai 0,19. Angka koefisien tersebut menjadikan Concept IAA sebagai mobil paling aerodinamis di dunia. Demi mencapai angka tersebut, Mercedes-Benz Concept IAA dapat bertransformasi bentuk dan dilakukan dengan hanya menekan tombol khusus atau secara otomatis ketika laju mobil menyentuh angka 80 kpj.

Transformasi bentuknya berupa penambahan delapan segmen pada bagian ekor serta flap di bagian wajah dan belakang juga bertambah panjang, masing-masing sejumlah 25 mm dan 20 mm. Velg mobil juga bisa mengembang sekaligus mengempis demi mengurangi koefisien gesek udara. Perubahan dimungkinkan berkat jaringan digital sistematis dengan metode desain algoritma tercanggih yang menangani desain geometri yang rumit. Untuk dimensinya sendiri, Concept IAA memiliki panjang 5.040 mm (5.430 mm dalam mode aerodinamik), lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.305 mm.

Bentuk desain luarnya terlihat sangat dinamis dan mendukung aerodinamika tinggi, serta menginterpretasikan proporsi sportscar klasik dalam nadi yang modern. Kap mesin panjang dan mengalir hingga ke bagian windshield, naik keatap dan menurun pada bagian belakang.

comments powered by Disqus

Mercedes-Benz Concept IAA, Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

notSet

Most Read
Latest News
Ini Titik Posko Peristirahatan Shop & Drive
Posko mudik Shop&Drive akan hadir di sepanjang jalur utara Pulau Jawa.
2 hari lalu    1 picture
Biker Honda Bisa Jajal Motor MotoGP Versi Jalan Raya, Catat Tanggalnya
Honda RC213V-S dapat digeber di lintasan sirkuit Sentul, Jawa Barat pada ...
2 hari lalu    1 picture
New 2017 Ford GT ’66 Heritage Edition, Nuansa Klasik Lebih Gahar!
Ford GT ’66 Heritage Edition didominasi oleh warna hitam gelap baik ...
2 hari lalu    1 picture
Volkswagen Up GTI, Makin Futurustik!
Mobil tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 110 hp dan mampu berakselera...
2 hari lalu    1 picture
Bakti Sosial Volkswagen Van Club : Berbagi Suka di Bulan Ramadhan
Komunitas penggemar VW klasik khusus Kombi atau Van ini kembali menggelar ...
2 hari lalu    
Autocar Magazine

Edisi: 204 | Mei, 2017