First Drive

Porsche Panamera 4S: "Lengket" Dengan Aspal

Porsche Panamera 4S mengusung mesin 2.9L V6 biturbo yang menghasilkan tenaga 440 hp pada putaran mesin 5.650 rpm.

DETAILS
2
foto

Autocarindonesia.com mendapat kesempatan dari Porsche Indonesia untuk dapat hadir dan merasakan langsung New Porsche Panamera ini di Munich, Jerman, akhir Agustus lalu. Apa saja yang baru pada Porsche Panamera generasi kedua ini? Menurut Robert Hahie selaku Director Electrics / Electronic Product Line Panamera, ada beberapa fitur baru yang membuat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Salah satunya adalah tampilan layar informasi atau display yang sudah dilengkapi dengan led yang mudah dibaca dan dioperasikan, berkat dukungan dari New PCM (Porsche Communication Management) yang memberikan info melalui 2 buah layar pada dashboard. Layar pertama berada tepat disamping kanan petunjuk putaran mesin. Layar sebesar 7 inch ini memberikan berbagai macam informasi kepada pengemudi termasuk personal GPS. Layar kedua berada pada konsul tengah dashboard yang memiliki informasi lebih lengkap lagi. Ukurannya pun lebih besar yakni 12,3 inci  beresolusi tinggi. Berbagai informasi bisa kita tampilkan di layar ini. Termasuk GPS hingga ramalan cuaca.

New Porsche Panamera menawarkan 3 varian mesin yang berbeda. Panamera turbo, Panamera 4S bensin, dan Panamera 4S diesel. Ketiga varian itu juga sudah dilengkapi dengan sistem penggerak All Wheel Drive dan menggunakan transmisi baru 8 kecepatan dual clutch.

Porsche Panamera Turbo dibekali mesin 4.0L V8 biturbo yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 550 hp pada 5.750 rpm. Torsi maksimum sebesar 770 Nm pada 1.960-4.500 rpm. Artinya ada peningkatan sebesar 30 hp dan torsi sebesar 70 Nm dari Panamera sebelumnya. Akselerasi 0-100 kpj 3,8 detik. Maksimum speed 306 kpj. Perbandingan tenaga dan bobot (Power to weight ratio) sebesar 3,6 kg/hp. Konsumsi bahan bakar 9,4-9,3 L/100 km atau lebih efisien 1,1L/100 km dari generasi sebelumnya.

Porsche Panamera 4S mengusung mesin 2.9L V6 biturbo yang menghasilkan tenaga 440 hp pada putaran mesin 5.650 rpm. Atau 20 hp lebih bertenaga dari versi sebelumnya. Dan menghasilkan torsi maksimum sebesar 550 Nm pada putaran mesin 1.750-5.500 rpm. Atau torsinya meningkat sebesar 30 Nm dr Porsche Panamera generasi sebelumnya. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 4,4 detik. Dan kecepatan maksimum 289 kpj. Konsumsi bahan bakarnya berkisar 8,2-8,1L/100 km. Atau lebih efisien 1,0L/100km dari versi sebelumnya.

Porsche Panamera 4S Diesel menggunakan mesin V8 4.0L mampu menghasilkan tenaga sebesar 422 HP pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi maksimal 850 Nm pada rentang putaran mesin 1.000 - 3.250 rpm. Kecepatan maksimum mencapai 285 kpj. Menjadikan Porsche Panamera 4S diesel sebagai mobil diesel tercepat didunia. Konsumsi bahan bakarnya berkisar 6,8-6,7L/100km.

Kini tiba saatnya menguji Porsche Panamera. Pada kesempatan pertama autocarindonesia.com dipersilakan menguji Porsche Panamera 4S bensin. Kami mengemudi ke arah kota Tagernsee, sekitar 187 km dari kota Munich. Kami memutuskan untuk tidak mencoba performa mesin di jalan bebas hambatan, dan memilih melibas tikungan tajam dan jalur mendaki di jalan pedesaan. Kami merasa sistem suspensi dari Panamera terbaru sangat stabil dan "lengket" dengan aspal. 

Keesokan harinya, test drive berlanjut dengan rute kembali ke Airport Munich. Kami bertukar kendaraan, tapi tetap menggunakan tipe Porsche Panamera 4S bensin.  Jujur kami penasaran dengan performa mesin berkapasitas 2.9L V6 biturbo ini. Akhirnya rasa penasaran kami terbayar. Saat memasuki jalan bebas hambatan menuju Munich, kondisinya tak terlalu padat. Kami pun mencoba menekan pedal gas lebih dalam. Kami mencoba 4 mode berkendara yang ditawarkan, yakni Normal, Sport, Sport Plus dan individual. Tombol pengaturannya terletak di lingkar kemudi, jadi mudah untuk pengoperasiannya. Sungguh performa luar biasa disuguhkan oleh Porsche Panamera terbaru. Dengan menggunakan mode Sport Plus, kami melaju hingga 275 kpj.

Tak hanya bagian mesin saja, New Panamera juga melakukan pembenahan pada sasis, suspensi dan sumbu roda. Panamera generasi kedua ini memiliki fitur PDCC Sport ( Porsche Dynamic Chasis Control Sport) sebuah fitur yang mengatur kedinamisan sasis. Selain itu, fitur terbaru lainnya adalah Rear Axle Stering. Fitur ini membuat roda belakang bisa dibelokkan yang disesuaikan dengan kecepatan. Fitur menarik lainnya adalah PASM (Porsche Active Suspension Managemen) yang mengatur kerja dari sistem suspensi. Dan fitur lain pada sistem suspensi yaitu 3-Chamber air suspension, yang dapat mengatur mengurangi 60  persen volume udara pada suspensi. Selain itu, jarak poros roda depan dengan roda belakang (wheelbase) juga diubah menjadi lebih panjang. Ini juga menambah kestabilan saat menikung dan pada kecepatan tinggi.

Tentang penulis...

Lihat lebih lanjut mengenai:  test, drive, porsche, panamera, 4s

Porsche Panamera 4S: "Lengket" Dengan Aspal

notSet

Most Read
Cari car review
LATEST CAR REVIEWS
Begini Rasanya Menjajal Bentley Continental GT V8 S

Begini Rasanya Menjajal Bentley Continental GT V8 S

Mar 1, 2017
Bentley Continental GT V8 S menebarkan pesona. Ia adalah Grand Tourer ...
First Drive BMW X5 xDrive40e M Sport

First Drive BMW X5 xDrive40e M Sport

Feb 28, 2017
BMW X5 Hybrid, SUV BMW pertama yang mengadopsi teknologi plug-in hybrid.
Menguji BMW i8, Wujud Masa Depan Sportscar

Menguji BMW i8, Wujud Masa Depan Sportscar

Feb 23, 2017
Mobil sport yang ramah lingkungan dari BMW, kami mengujinya hingga ke batas ...
Menguji Toyota C-HR 1.8 Hybrid

Menguji Toyota C-HR 1.8 Hybrid

Feb 8, 2017
Crossover bergaya unik melawan Nissan Qashqai dengan teknologi Hybrid.
Menguji Chevrolet Captiva LTZ

Menguji Chevrolet Captiva LTZ

Jan 27, 2017
Suspensi yang lembut dan mesin senyap adalah nilai utama dari Captiva LTZ.
Latest News
ART Gandeng Manhart Peformance Untuk Tuning Terbaik di Indonesia
Manhart Performance merupakan rumah modifikasi beken asal Jerman.
12 jam yang lalu    1 picture
V-Kool Heat Tunnel
Mensimulasikan performa kaca film V-Kool.
19 jam yang lalu    1 picture
Colt Diesel Emas di Turnamen Golf Mitsubishi
KTB Berikan hadiah Colt Diesel Emas
20 jam yang lalu    1 picture
Ini Progam Penjualan Piaggio di IIMS 2017
Konsumen bisa mendapatkan paket aksesoris senilai Rp 4 - 7 juta rupiah.
21 jam yang lalu    1 picture
Suzuki Hadirkan Lineup Unggulan di IIMS 2017
Mulai dari Ertiga Diesel hingga Suzuki Ignis menjadi andalan PT SIS di IIMS ...
21 jam yang lalu    1 picture
Autocar Magazine

Edisi: 202 | Edisi Maret 2017